Memperbaiki “could not get thread count” ketika mendebug Go menggunakan Delve di OSX 10.12 Sierra

Jadi cerita ini dimulai, ketika saya update OSX saya ke 10.12, dengan aneka harapan bahwa MBP saya akan jadi jauh lebih luar biasa. Tapi kekecewaan mulai menghinggapi hati ketika SDD drive mulai bising ndak karu2an ngalahin suara telolet bus AKAP, asumsi saya sih karena ngindex file 300GB lebih yang kebanyakan foto2 alay selfi saya dan keluarga plus beberapa meme dan video lucu bahan untuk image war di WA atau Fesbuk, tapi kok setelah 6 jam belum kelar2 juga itu bising. Getting worse, dragging object di OSX ndak bisa dengan 3 jari lagi (eh bukan saya pendukung Anis – Sandiaga ya), dan sampe sekarang saya masih gagal move-on untuk drag dengan 3 jari, akhirnya kembali ke mouse deh. Eh, kok jadi curhat masalah OSX ya, ini kan judule troubleshoot Delve di OSX, ok back to topic. 

Setelah yakin, saya bisa mengakses file-file di laptop, nonton film dan maen game dengan baik dan benar. Baru deh ngurusin kerjaan, buka VS Code untuk liat2 project yang sedang dikerjakan, works fine, coba auto-complete, smoooothhhh …. pasang breakpoint, debug …. teng ing eng, dapat surat cinta dari Delve 

Screen Shot 2016 12 28 at 10 27 05 AM

Modyaarrrr …. apalagi ini, coba cari2 di Google, ndak nemu apa2. Coba buka itu debugger.go line 61, tracing sana sini, agak nemu sih root causnya di beberapa file yang sayangnya ditulis dengan bahasa C. Mau betulin, tantangan compile yang ribet minta ampun dan godaan sosial media lebih tinggi, akhirnya publish catatan saja di github dan lebih memilih debug dengan cara konvensional dan menunggu ada programmer lain yang berbaik hati melakukan saran yang saya tulis untuk mbetulin Delve. 

Dannnnn …. setelah beberapa bulan, akhirnya ….

Tanpa delve bekerja dengan benar, debugging dilakukan dengan cara pasang Printf sana sini, aseli menyelesaikan masalah tapi nambahi masalah baru hehehe. Beruntunglah, setelah cek lagi ke github Derek Paker, sang penulis Delve, masalah OSX 10.12 ini mendapat perhatian dari para programmer yang lain, dan ada yang berbaik hati membetulkan kode Derak Parker dan di pull di case 665.

To make it short, berikut adalah langkah2 yang diperlukan untuk mengembalikan Delve:

  1. Buka terminal  
  2. mkdir $GOPATH/src/github.com/derekparker && cd $GOPATH/src/github.com/derekparker
  3. git clone https://github.com/derekparker/delve.git && cd delve
  4. git fetch origin pull/665/head”
  5. git checkout FETCH_HEAD”
  6. CERT=dlv-cert make install

And that’s it, delve akan kembali seperti sedia kala.

Screen Shot 2016 12 28 at 10 35 44 AM

Btw, please be noted kalau ini adalah pertama kali install Delve, tolong dipastikan untuk menghilangkan codesign authorization dan developer tools access di OSX, selengkapnya bisa dicek di https://github.com/derekparker/delve/blob/master/Documentation/installation/osx/install.md